Interpolasi Polinomial Linier | Metode Numerik

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai Interpolasi Polinomial Linier | Metode Numerik. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.
Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sedikit ilmu yang saya dapatkan di bangku perkuliahan yaitu Interpolasi Polinomial Linier yang dimana merupakan bagian dari Mata Kuliah Metode Numerik. Agar saudara lebih mudah mengerti saya akan menjelaskan sedikit mengenai interpolasi.


Interpolasi adalah suatu cara untuk mencari nilai di antara beberapa titik data yang telah diketahui. Di dunia nyata, interpolasi dapat digunakan untuk memperkirakan suatu fungsi, yang mana fungsi tersebut tidak terdefinisi dengan suatu formula, tetapi didefinisikan hanya dengan data-data atau tabel, misalnya tabel dari hasil percobaan. Ada berbagai macam interpolasi berdasarkan fungsinya, di antaranya adalah interpolasi linier, interpolasi kuadrat, dan interpolasi polinomial. Adapun berbagai metode dalam interpolasi antara lain metode Lagrange dan metode Newton. Kedua metode tersebut menggunakan fungsi polinomial untuk menginterpolasi f (x) pada titik-titik yang diberikan. Bagi para peneliti, interpolasi sering digunakan apalagi bila penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kuantitatif, artinya banyak data-data yang harus dikumpulkan dan dianalisis.

Kita telah mengetahui pengertian dari Interpolasi, sekarang saudara pasti bertanya-tanya. Apa sih Interpolasi Linier itu? Interpolasi Linier adalah Metode matematis untuk mencari data yang tidak diketahui ditengah data yang diketahui, dengan catatan data-data tersebut tersusun secara linier naik atau turun.

Di sini saya akan membagikan file yang berisikan Konsep dari Interpolasi Linier. Kenapa saya membagikan melalui file? Karena bila saya mengetik ulang di sini, pasti sulit sekali. Terlalu banyak Equetion yang harus dibuat, hehe.

Interpolasi Linier | Download

Terima Kasih Kepada : 
Teman-teman Kuliah Jurusan Matematika Univ. Borneo 2010 yang telah meresume materi ini :)