Pengertian dan Modul Program Linier

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai Pengertian dan Modul Program Linier. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.
Alhamdulillah, ng'eblog lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan memberi sedikit penjelasan mengenai Program Linier dan membagikan modul mengenai program linier ini. Dan modul ini bisa di jadikan referensi bahan kuliah anda.


Program Linier adalah suatu cara untuk menyelesaikan persoalan pengalokasian sumber-sumber yang terbatas di antara beberapa aktivitas yang bersaing, dengan cara yang terbaik dan mungkin dilakukan. Persoalan pengalokasian ini akan muncul apabila seseorang harus memilih tingkat aktivitas-aktivitas tertentu yang bersaing dalam hal penggunaan sumber daya yang terbatas yang di butuhkan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas tersebut.

Beberapa contoh situasi dari uraian di atas antara lain ialah persoalan pengalokasian fasilitas produksi,  solusi permainan (game), dan pemilihan pola pengiriman (shipping). Satu hal yang menjadi ciri situasi di atas ialah adanya keharusan untuk mengalokasikan sumber terhadap aktivitas.

Program Linier ini menggunakan model matematis untuk menjelaskan persoalan yang dihadapinya. Sifat “linier” di sini memberi arti bahwa seluruh fungsi matematis dalam model ini merupakan fungsi yang linier. Sedangkan kata “programming” merupakan sinonim untuk perencanaan. Dengan demikian, Program Linier (LP) adalah perencanaan aktivitas-aktivitas untuk memperoleh suatu hasil yang optimum, yaitu suatu hasil yang mencapai tujuan terbaik di antara seluruh alternative yang layak.

George B. Dantzig merupakan ahli matematika yang diakui sebagai pioneer Liniear Programming. Selama perang Dunia II,  Dantzig bekerjasama dengan Von Neumann, Hurwicz dan Koopmans , melahirkan “Program Saling Ketergantungan Kegiatan – Kegiatan dalam Struktur Linier”, kemudian disebut Linier  Programming.

Pada tahun 1947 Dantzig mempublikasikan “Metode Simplek”. Kemudian bekerjasama dengan Marshall Wood dan Alex Orden dalam pengembangan “Metode Simplek”.   Pada awalnya metode simplek diterapkan pada masalah-masalah militer, seperti logistik, transportasi dan perbekalan. Sejalan dengan perkembangannya, Program Linier sudah diaplikasikan hampir kesemua bidang  yang didukung dengan perkembangan yang sangat pesat bidang ilmu komputer. 

Seperti yang saya katakan tadi, saya akan membagikan modul. Berikut link downloadnya:

Modul Program Linier | Download