Masalah Pokok Ekonomi Menurut Aliran Klasik & Modern

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai Masalah Pokok Ekonomi Menurut Aliran Klasik & Modern. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.
Halo keeper, permasalahan manusia di bidang ekonomi menjadi materi yang penting untuk dipelajari karena setiap harinya manusia tidak bisa terlepas dari persoalan ekonomi. Permasalahan yang dihadapi manusia di bidang ekonomi antara lain meningkatnya kebutuhan, kelangkaan alat pemuas kebutuhan, masalah pokok ekonomi, dan masalah dalam sistem ekonomi.

Konsep dan Acuan Dasar

Masalah pokok ekonomi adalah masalah dasar yang dihadapi oleh pelaku ekonomi di dalam suatu lingkungan perekonomian. Hal tersebut dapat terjadi akibat kelangkaan alat pemuas kebutuhan sehingga berdampak ke beberapa aspek ekonomi lainnya.

Terbatasnya jumlah sumber daya ekonomi menyebabkan terjadinya kelangkaan akan alat pemuas kebutuhan dan meningkatnya harga barang sehingga tidak semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.
Pertanyaan Acuan
  1. Apa-apa saja masalah pokok ekonomi yang harus dihadapi oleh pelaku ekonomi? Jelaskan dengan bahasamu sendiri berdasarkan aliran klasik dan aliran modern!
  2. Upaya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah pokok ekonomi sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi?
  3. Apa indikator yang menandakan bahwa masalah pokok ekonomi tidak menjadi permasalahan lagi karena telah diatasi? 

Masalah Pokok Ekonomi Aliran Klasik

masalah pokok ekonomi

Berdasarkan aliran ekonomi klasik, masalah pokok ekonomi dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu :
  1. Produksi
    Produksi merupakan kegiatan menghasilkan produk tertentu baik barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan. Masalah pokok yang dihadapi dalam hal produksi adalah keterbatasan jumlah sumber daya ekonomi atau faktor-faktor produksi yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk.

  2. Konsumsi
    Dalam hal konsumsi, pelaku ekonomi menghadapi masalah berupa kelangkaan alat pemuas kebutuhan akibat terbatasanya sumber daya ekonomi.

  1. Distribusi
    Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan produk berupa barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Distribusi merupakan aspek penting yang harus dipertimbangkan karena distribusi menjadi salah satu faktor penentu tersalurnya produk kepada konsumen.

    Masalah yang dihadapi dalam distribusi adalah jalur dan cara distribusi yang tidak efisien sehingga meningkatkan harga produk. Rantai distribusi yang terlalu panjang juga seringkali menimbulkan masalah seperti kerusakan produk, tertimbunya produk di titik tertentu, meningkatnya harga, dan sebagainya.

Masalah Pokok Ekonomi Aliran Modern

Tiga masalah pokok ekonomi :
  1. What (Apa & Berapa)?
    Pertanyaan apa dan berapa mewakili pertanyaan-pertanyaan yang dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan seperti komoditas apa yang harus diproduksi dan berapa banyak komoditas tersebut diproduksi. Masalah pokoknya adalah jenis dan jumlah produk yang harus dihasilkan.

  2. How (Bagaimana)?
    Bagaimana komoditas tersebut diproduksi menjadi masalah berikutnya yang harus dipertimbangkan. Dalam hal ini, harus dipertimbangkan pelaku, faktor-faktor produksi, dan teknik apa yang digunakan.
  1. For whom (Untuk siapa)?
    Pertanyaan selanjutnya yang menjadi pertimbangan adalah untuk siapa suatu produk dihasilkan. Dalam hal ini, masalah pendistribusian menjadi aspek penting yang harus ditata sedemikian rupa agar produk yang dihasilkan benar-benar tersalurkan dengan tepat dan dapat memenuhi kebutuhan target.

    Permasalahan untuk siapa tidak hanya mengenai siapa yang akan menikmati produk yang dihasilkan tetapi juga mencakup siapa-siapa saja yang akan memperoleh manfaat dengan adanya produksi tersebut termasuk pelaku produksi.

Upaya Mengatasi Masalah Ekonomi

Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pokok ekonomi :
  1. Produsen atau pemerintah harus melakukan analisis pasar untuk menentukan jenis kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat. Analisis jumlah kebutuhan secara kasar juga dibutuhkan untuk memprediksi jumlah produk yang harus diproduksi sehingga kebutuhan benar-benar terpenuhi.
  2. Pihak swasta atau pemerintah harus menentukan teknik produksi yang efektif dan efisien. Untuk itu perlu dipertimbangkan pihak-pihak yang terlibat dalam produksi sehingga input produksi dan penggunaannya dapat terencana dengan baik.
  1. Produsen atau pemerintah harus mengetahui ketersediaan sumber daya ekonomi yang dimiliki. Produsen harus mempertimbangkan jumlah faktor-faktor produksi yang tersedia karena sumber daya ekonomi yang bersifat langka dan terbatas harus digunakan sebaik mungkin agar proses produksi berlangsung secara efektif dan efisien.
  2. Pihak swasta atau pemerintah harus melakukan analisis pasar untuk menentukan konsumen yang akan menggunakan barang atau jasa agar produk yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar dan mencakup konsumen yang luas dan tertarget.

Teratasinya Masalah Pokok Ekonomi

Persoalan mengenai apa yang akan dihasilkan, bagaimana menghasilkan, dan untuk siapa dihasilkan, dapat diatasi dengan upaya yang berkesinambungan. Persoalan tersebut tidak akan menjadi masalah jika lima hal berikut telah terpenuhi, yaitu :
  1. Tersedianya sumber daya ekonomi dalam jumlah yang tidak terbatas atau dengan jumlah yang memadai.
  2. Adanya kemudahan dalam menghasilkan dan menyalurkan barang atau jasa kepada konsumen.
  1. Terpenuhinya kebutuhan manusia secara keseluruhan.
  2. Barang dan jasa berhasil diproduksi dan tersedia dalam jumlah yang melimpah sehingga dapat diperoleh dengan mudah dan dengan harga relatif terjangkau.
  3. Barang dan jasa yang dihasilkan telah didistribusikan secara merata kepada setiap orang atau masyarakat untuk jangka waktu yang cukup lama sehingga setiap orang dapat memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkannya.