Rangkuman Barisan dan Deret

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai Rangkuman Barisan dan Deret. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.
Postingan kali ini menyangkut materi pelajaran sekolah menengah yaitu mengenai Barisan dan Deret. Sudah tidak asing lagi di telinga kita mengenai barisan dan deret ini. Seperti biasa, saya akan membagi file. File ini berisi mengenai rangkuman rumus barisan dan deret. Untuk lebih jelasnya mengenai Barisan dan Deret, silahkan simak penjelasan singkat di bawah ini.


Di dalam Matematika, sebuah barisan bilangan adalah daftar terurut dari suatu bilangan. Seperti layaknya himpunan, suatu barisan juga memiliki anggota (elemen) yang biasanya disebut suku. Contoh suatu barisan adalah sebagai berikut:
  1.  (1, 1, 1, 1, 1, \cdots )
  2.  (1, 2, 3, 4, 5, 6 , \cdots)
  3.  (1, 4, 9, 16, \dotsc)
  4.  (1, 2, 4, 8, 16, \dotsc)

Barisan bilangan bilangan bisa berupa barisan Aritmetika maupun barisan Geometri. Suku-suku yang berdekatan dari suatu barisan Aritemetika selalu memiliki selisih yang tetap/konstan, biasa disebut dengan beda. Dalam barisan geometri hasil bagi suku-suku yang saling berdekatan selalu tetap/konstan, yang disebut dengan rasio.



Deret bilangan merupakan penjumlahan suku-suku dari barisan yang bersesuaian. Contoh deret bilangan yang dibentuk dari barisan-barisan diatas adalah sebagai berikut:
  1.  1 + 1 + 1 + 1 + 1 + \dotsb
  2.  1 + 2 + 3 + 4 + 5 +  \dotsb
  3.  1 + 4 + 9 + 16 + 25 + \dotsb
  4.  1 + 2 + 4 + 8 + 16 + \dotsb

Deret aritemtika dapat dibentuk dari barisan aritmetika, dan deret geometri dapat diperoleh dari barisan geometri.



Link Download:

Rumus Barisan dan Deret | Download


Sumber:
Barisan dan Deret Wikipedia