Pengertian Psikologi Pendidikan

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai Pengertian Psikologi Pendidikan. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.

Definisi
Pendidikan (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1991):
Proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Pendidikan (Poerbakawatja & Harahap):
Usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk meningkatkan kedewasaan yang selalu diartikan sebagai kemampuan untuk bertangung jawab terhadap segala perbuatannya.

Pendidikan tergantung dari masing-masing individu, meski begitu bisa ditarik kesimpulan bahwa ada kesamaan tujuan dari pendidikan, yaitu adanya perubahan tingkah laku dari suatu  tahapan perkembangan  ke  tahapan  perkembangan  yang  lebih  maju,  atau mengembangkan semua potensi yang dimiliki oleh individu agar menjadi maksimal.

Pendidikan dapat juga diartikan sebagai usaha yang sadar, sengaja, dan bertanggung jawab yang dilakukan pendidik ke anak didik agar meningkat ke taraf yang lebih maju.

Pendidikan sebagai suatu produk meliputi semua perubahan yang berlangsung sebagai hasil partisipasi individu dalam pengalaman-pengalaman belajar.

Psikologi Pendidikan: Psikologi yang mempelajari penggunaan psikologi dalam masalah pendidikan.

Witherington:
Studi  sistematis  tentang  proses-proses  dan  faktor-faktor  yang  berhubungan  dengan pendidikan manusia.

Crow & Crow:
Memberikan gambaran dan penerapan tentang pengalaman-pengalaman belajar seorang individu sejak dilahirkan s/d usia tua. Pokok persoalannya adalah keadaan-keadaan yang dapat digunakan untuk mempelajari belajar.

Sumadi Suryabrata:
Pengetahuan psikologi mengenai anak didik dalam situasi pendidikan.

Sri Partini Suardiman:
Ilmu pengetahuan yang memnyelidiki gejala-gejala kejiwaan individu dalam situasi pendidikan.

Psikologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki segi-segi psikologi dalam situasi pendidikan.

Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan.

Ruang Lingkup 
Glenn M. Blair:
  1. Pertumbuhan dan perkembangan pada umumnya
  2. Psikologi anak
  3. Kesehatan mental guru dan murid
  4. Kecerdasan
  5. Individual differences
  6. Hakekat perbuatan belajar
  7. Faktor-faktor yang mempengaruhi perbuatan belajar
  8. Masalah-masalah dalam transfer of learning
  9. Tes dan soal penilaian dan pengukuran
  10. Teori dasar tentang motivasi
  11. Arti motivasi dalam pengajaran
  12. Perkembangan sosial dan emosional
Peran dan Sumbangan Psikologi Pendidikan
Menurut Crow&Crow, pendidikan terdiri dari:
Pendidikan Informal
Didapat dari belajar yang secara relative kurang atau tanpa disadari, yang berlangsung bebas menyertai kehidupan sehari-hari.

Pendidikan Formal
Didapat dari belajar yang mempergunakan program terencana, biasanya disebut pendidikan sekolah.
Psikologi Pendidikan di sekolah berusaha memecahkan masalah-masalah sbb:
  • Pengaruh pembawaan dan lingkungan atas belajar;
  • Teori dan proses belajar;
  • Hubungan antara taraf kematangan dan taraf kesiapan belajar;
  • Individual differences dan pengaruhnya terhadap hasil pendidikan;
  • Perubahan batiniah yang terjadi selama belajar;
  • Hubungan antara teknik mengajar dan hasil belajar;
  • Teknik evaluasi yang efektif atas kemajuan yang dicapai anak didik;
  • Perbandingan hasil pendidikan formal dan informal atas individu;
  • Nilai sikap ilmiah terhadap pendidikan yang dimiliki para petugas pendidikan (guru); dan
  • Pengaruh kondisi sosial anak didik atas pendidikan yang diterima. (Suryabrata, 1988)
Ref :
Arumi Savitri Fatimaningrum, S. Psi | UNY | Materi Psikologi Pendidikan