Sejarah Matematika Aliran Phytagoras

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai Sejarah Matematika Aliran Phytagoras. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.
Sejarah Matematika Aliran Phytagoras. Pythagoras lahir pada tahun 580 SM (Sebelum Masehi) di Pulau Samos, Yunani. Dia berayah seorang pedagang kaya bernama Mnesarchus dari kota Tirus, Phoenicia, sekarang bernama kota Sur, masuk wilayah Libanon. Mnesarchus dikenal sangat dermawan pada warga Samos sehingga mendapat anugrah sebagai warga kehormatan kota Samos.


Ibu Pythagoras berdarah asli Samos, bernama Pythais yang dinikahi Mnesarchus untuk menyempurnakan statusnya sebagai warga kota Samos. Kelahiran Pythagoras yang kelak akan menjadi tokoh tersohor sepanjang zaman telah dinujumkan jauh hari oleh seorang pendeta Yunani di kuil Apollo, kota Delphi. Ketika itu Mnesarchus yang baru menikahi Pythais sedang melakukan perjalanan bisnis dan singgah di kuil Apollo dengan membawa persembahan. Begitu tiba di kuil, Mnesarchus langsung disambut sang pendeta. “Ke sinilah, hai orang Phoenicia,” kata pendeta. Mnesarchus terheran-heran.“Bagaimana anda mengetahui saya?” tanyanya penuh ketakjuban. “Sudah tugasku menerima wahyu dari Yang di Atas. Kau akan dianugerahi seorang anak yang istimewa. Rawatlah baik-baik anakmu. Bagi bangsa Yunani, dia akan penuh hikmat. Bagi umat manusia keseluruhan, dia akan membawa pada pengetahuan. Rawatlah dia baik-baik dan jagalah anakmu sepenuh hati,” ujar pendeta itu panjang lebar.

Selengkapnya tentang artikel ini, dapat anda download link di bawah ini:
Thanks to Randi Permadi Dkk