Pengertian Birokrasi

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai Pengertian Birokrasi. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.
Pengertian Birokrasi ,  Apa itu birokrasi? Secara istilah, asal mula kata birokrasi adalah bureau yang artinya "kantor" dan cracy yang artinya "pemerintahan". Istilah birokrasi pertamakali diperkenalkan oleh Max weber, seorang ahli sosiologi Jerman. Secara sederhana, pengertian birokrasi adalah sebuah struktur organisasi yang memiliki ciri-ciri harus mengikuti tata prosedur pembagian tanggung jawab, adanya jenjang (hirarki), serta adanya hubungan yang sifatnya impersonal. Dalam pengertian umum, birokrasi adalah kekuasaan kantor. Dalam hal ini birokrasi dapat diartikan organisasi pemerintahan, melalui kantor-kantor yang dibentuknya sehingga pemerintah dapat menjalankan roda pemerintahan. Namun, selain organisasi pemerintah, birokrasi juga dapat diterapkan pada organisasi non pemerintah.

Pengertian Birokrasi
Pengertian Birokrasi
Birokrasi dalam masyarakat modern seperti sekarang ini di identikkan dengan inefesiensi (tidak efisien), pemborosan, dan kemalasan. Contoh birokrasi yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah pada lembaga perusahaan, pemerintahan, pengadilan, rumah sakit, dan sekolah. Sekian uraian tentang Pengertian Birokrasi, baca juga: Perbedaan Persepsi Penjual dan Pembeli