BEDAH KISI-KISI USBN SMA/MA BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai BEDAH KISI-KISI USBN SMA/MA BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.


DRAF KISI-KISI SOAL USBN SMA/MA 
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006 
TAHUN PELAJARAN 2017/2018


No.
Aspek
Level Kognitif
Indikator Materi
Indikator Soal
No.
1
Membaca  Nonsastra
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf, peserta didik mampu memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
1.       
Mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan paragraf, peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf dengan tepat.
2.       
Disajikan paragraf, peserta didik mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat.
3.       
Disajikan teks biografi, peserta didik mampu menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan tepat
4.       
Disajikan teks biografi, peserta didik mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat
5.       
Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf
Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan pokok isi paragraf
6.       
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan
Menemukan ide pokok
Disajikan paragraf, peserta didik mampu menemukan ide pokok  paragraf dengan tepat.
7.       
Menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat kompleks, peserta didik mampu menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
8.       
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
.
Disajikan paragraf, peserta didik mampu menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis dengan tepat.
9.       
Disajikan kutipan tajuk, peserta didik mampu menentukan opini /pendapat penulis berdasarkan kutipan dengan tepat.
10.   
Disajikan kutipan tajuk, peserta didik mampu menyimpulkan pihak yang dituju  penulis berdasarkan kutipan dengan tepat.
11.   
Disajikan kutipan tajuk, peserta didik mampu menyimpulkan keberpihakan (pihak yang dibela) penulis berdasarkan kutipan dengan tepat.
12.   
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
merangkum isi informasi dari beberapa paragraf
Disajikan beberapa paragraf, peserta didik mampu menentukan rangkuman isi informasi dengan tepat.
13.   
mengomentari isi paragraf
Disajikan kutipan teks, peserta didik mampu mengomentari isi teks dengan tepat.
14.   
menunjukkan
bukti suatu
simpulan
Disajikan paragraf, peserta didik mampu menujukkan bukti suatu simpulan dalam paragraf
15.   
Membandingkan paragraf induktif dan deduktif
Disajikan paragraf induktif dan deduktif, peserta didik mampu menentukan perbedaan kedua paragraf dengan tepat.
16.   
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Disajikan dua buah kutipan teks berita, peserta didik mampu menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat.
17.   
Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis paragraf
Disajikan dua paragraf, peserta didik mampu menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
18.   
meringkas isi teks nonsastra
Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan ringkasan paragraf dengan tepat
19.   
2
Membaca Sastra
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan kutipan cerpen , peserta didik mampu mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
20.   
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat  yang bermajas dalam kutipan cerpen dengan tepat.
21.   
mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
Disajikan puisi kontemporer, peserta didik mampu menentukan tema puisi tersebut dengan tepat
22.   
Disajikan puisi kontemporer, peserta didik mampu menentukan ciri-ciri puisi tersebut dengan tepat
23.   
menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, peserta didik mampu menentukan unsur ekstrinsik kutipan tersebut dengan tepat
24.   
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, peserta didik mampu menentukan unsur intrinsik kutipan tersebut dengan tepat.
25.   

Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• menggunakan
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, peserta didik mampu menentukan konflik dengan tepat.
26.   
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, peserta didik mampu menentukan penyebab konflik dengan tepat.
27.   
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, peserta didik mampu menentukan nilai budaya cerita dengan tepat.
28.   
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan hikayat
Disajikan novel dan hikayat, peserta didik mampu menentukan perbedaan unsur intrisik/ekstrinsik kutipan tersebut dengan tepat
29.   
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan novel, peserta didik mampu menunjukkan keunggulan cerita dengan tepat.
30.   
Disajikan sebuah puisi, peserta didik mampu memberikan tanggapan (esai) yang sesuai dengan isi puisi tersebut dengan tepat
31.   
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks kutipan cerpen, peserta didik mampu membandingkan kedua kutipan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat
32.   
membuktikan simpulan dengan data pada karya
sastra (bukti watak,
seting, nilai)
Disajikan kutipan cerita, peserta didik mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
33.   
Disajikan kutipan cerita, peserta didik mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
34.   
Disajikan kutipan cerpen/ novel, peserta didik mampu menunjukkan kalimat bukti tentang nilai dengan tepat
35.   
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Disajikan kutipan cepen/novel/hikayat, peserta didik mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
36.   
Meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan novel, peserta didik mampu meringkas isi kutipan novel  dengan tepat.
37.   
menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
Disajikan kutipan novel Indonesia/terjemahan, peserta didik mampu menentukan unsur intrinsik dan ekstrinsik
38.   
3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
menentukan istilah/ kata yang tepat dalam resensi, kritik, atau esai
Disajikan kutipan resensi/kritik/esai yang dirumpangkan, peserta didik mampu menentukan istilah/kata yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut.
39.   
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan
menyusun paragraf padu
Disajikan kalimat acak, siswa mampu menyusun menjadi paragraf padu
40.   
melengkapi paragraf
eksposisi/narasi/deskripsi
Disajikan kutipan teks eksposisi yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan unsur/kalimat yang tepat.
41.   
Disajikan kutipan teks deskripsi yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
42.   
Disajikan kutipan teks narasi yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
43.   
melengkapi resensi
Disajikan kutipan resensi yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
44.   
melengkapi
proposal/notulen
Disajikan kutipan teks proposal yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
45.   
Disajikan kutipan notulen yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
46.   


Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
memvariasikan kata yang bermakna sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
47.   
memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, peserta didik dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
48.   
menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Disajikan ilustrasi gambar/peristiwa, siswa mampu menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima sesuai ilustrasi
49.   
4
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
50.   
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
51.   
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan






menggunakan
istilah dalam
kalimat
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah yang tepat.
52.   
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
53.   
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat bagian, peserta didik mampu melengkapi bagian rumpang dengan kata ulang yang tepat.
54.   
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata
Disajikan paragraf, siswa mampu memperbaiki penggunaan kata yang tidak tepat dalam paragraf
55.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, peserta didik mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
56.   

memperbaiki
kesalahan
paragraf

57.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat, dan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata  dengan tepat.
58.   
5
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan, gelar, nama kota, kata depan)
Disajikan judul karya ilmiah, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan judul dengan tepat.
59.   
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua, peserta didik mampu menentukan kesalahan penggunaan titik dua dengan tepat
60.   
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan
Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan huruf kapital, peserta didik mampu menggunakan huruf kapital dengan tepat
61.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda koma, peserta didik mampu menggunakan tanda koma dengan tepat.
62.   
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, peserta didik mampu menentukan perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
63.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/ istilah, peserta didik mampu menentukan perbaikan kata/istilah  dengan tepat.
64.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, peserta didik mampu menentukan perbaikan kata serapan  dengan tepat.
65.   
Memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca,  siswa mampu menentukan perbaikan tanda baca dengan tepat
66.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda koma,  peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
67.