MENYUSUN BERBAGAI TEKS (DESKRIPSI, NARASI): MATERI DAN SOAL PERSIAPAN USBN SD

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai MENYUSUN BERBAGAI TEKS (DESKRIPSI, NARASI): MATERI DAN SOAL PERSIAPAN USBN SD. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.


MENYUSUN BERBAGAI TEKS (DESKRIPSI, NARASI)

A.  Teks Deskripsi

Deskripsi adalah teks yang bertujuan memberikan gambaran atau kesan kepada pembaca/pendengar terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Dengan teks ini,  pembaca/pendengar dapat dibuat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam peristiwa yang diuraikan penulis/pembicara baik secara indera, logika, maupun emosi.



Contoh

Ia terlentang seharian di atas trotoar panas itu. Tubuhnya yang tinggal tulang terbalut kulit itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang telah robek di sana sini, sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari sela-sela baju. Bau anyir menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang melebar dengan warna merah

B.     Teks Narasi

Narasi adalah teks yang bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam teks ini peristiwa biasanya disusun menurut urutan waktu ( kronologis), memiliki tokoh, dan terdapat konflik.

Contoh

Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami sampai di sebuah rumah yangh sederhana seperti rumah-rumah di sekitarnya.

Contoh soal dan kunci jawaban

1.      Perhatikan ilustrasi berikut.

Deskripsi yang sesuai dengan gambar binatang tersebut adalah ....
A. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang agar tidak mudah tenggelam dan dapat menarik kepala untuk menangkap mangsa.
B. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang agar memudahkan berenang di air dan memiliki tulang yang kuat di mulutnya.
C. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang yang keras sebagai pelindung dari ancaman pemangsa.D. Punggungnya memiliki penutup tubuh berupa cangkang untuk melindungi dirinya dan memiliki leher panjang untuk menangkap mangsa.

2.  Perhatikan gambar berikut!

Paragraf yang sesuai dengan gambar tersebut adalah . . . .
A. Pak Khoirudin sedang memberikan pelajaran Bahasa Indonesia tentang cerita anak. Para siswa mendengarkan cerita yang disampaikan oleh Pak Khoirudin dengan saksama. Hal itu disebabkan Pak Khoirudin bercerita dengan menarik dan menjiwai apa yang diceritakan.
B. Minggu yang lalu, Siswa-siswi mengikuti Ujian Nasional di sekolahan. Mereka berhasil
meraih yang terbaik tingkat Semarang. Oleh karenanya, Pak Rifa’i memberi hadiah buku
yang sangat tebal. Buku itu berisi cara-cara meraih kesuksesan pada masa yang akan datang.
C. Seorang direktur sedang memberikan pengarahan kepada para karyawan tentang pentingnya
keselamatan dalam bekerja. Supaya pekerjaan bisa terlaksana dengan baik, seluruh karyawan
harus bekerja dengan maksimal.
D. Para siswa bersedih setelah menyimak pengumuman hasil try out UN yang tidak
memuaskan. Mereka berjanji akan beruasah lebih baik bahkan mejadi yang terbaik di tingkat
kecamatan.