
- Hal pertama yang harus ditekankan terkait dengan media pembelajaran ini adalah pemahaman bahwa tidak ada satu pun media yang jelek untuk digunakan dalam pembelajaran atau pun sebaliknya. Setiap media pembelajaran yang digunakan memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing tergantung dari bagaimana pemanfaatannya apakah efektif atau tidak.
- Yang kedua yang harus menjadi pemahaman bersama adalah bahwa kehadiran media pembelajaran dalam sebuah kegiatan pembelajaran merupakan satu kesatuan yang tidak berdiri sendiri. Dalam artian media pembelajaran ini bukan hanya sekedar sebagai alat bantu saja tetapi lebih pada sebuah kegiatan pembelajarannya.
- Melihat kemampuan peserta didik. Pemilihan media pembelajaran ini harus menyesuaikan dengan keadaan dari peserta didik itu sendiri. Hal ini karena bagaimana pun juga kehadiran dari media pembelajaran ini lebih diutamakan, ditujukan untuk para peserta didik. Sehingga dapat dikatakan bahwa sebuah media pembelajaran akan dapat digunakan secara maksimal jika media pembelajaran tersebut sesuai dengan keadaan peserta didik yang belajar.
- Sebaiknya dalam suatu kegiatan pembelajaran dalam satu waktu, menghindari penggunaan berbagai media sekaligus. Karena hal ini sangat tidak efektif dan berdampak pada peserta didik yang akan mengalami kebingungan terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.