Sejarah Bilangan

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai Sejarah Bilangan. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.
Assallamualaikum, sahabat rif. Dalam matematika kita mengenal namanya bilangan. Bilangan menjadi dasar perhitungan di dalam matematika. Tapi tahukh anda sejarah dari Bilangan tersebut?? Berikut akan di paparkan sedikit mengenai Sejarah Bilangan.


Sistem bilangan (number system) adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik. Sistem bilangan yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah sistem bilangan desimal, yaitu sistem bilangan yang menggunakan 10 macam simbol untuk mewakili suatu besaran. Sistem ini banyak digunakan karena manusia mempunyai sepuluh jari untuk dapat membantu perhitungan. Lain halnya dengan komputer, logika di komputer diwakili oleh bentuk elemen dua keadaan yaitu off (tidak ada arus) dan on (ada arus). Konsep inilah yang dipakai dalam sistem bilangan binary yang mempunyai dua macam nilai untuk mewakili suatu besaran nilai.

Dahulu perhitungan dengan bilangan dimulai dengan perbandingan, misalnya "milik si ini lebih sedikit dari milik si itu" atau "milik si itu lebih banyak dari milik si ini" kemudian seiring waktu cara perhitungan bilangan berkembang lagi, manusia tidak lagi menggunakan cara perbandingan untuk menentukan jumlah sesuatu, tetapi mereka menggunakan kerikil, simpul pada tali, jari-jemari atau menggunakan ranting untuk menentukan jumlah sesuatu dengan tepat, misalnya jumlah ternak atau jumlah anggota keluarga yang tinggal bersamanya. Inilah dasar pemahaman tentang konsep bilangan dan ketika seseorang berpikir tentang bilangan dua maka dalam benaknya sudah tertanam pengertian terdapat benda sebanyak dua buah. Misalnya "dua buah kelapa" atau "dua ekor sapi"

Karena menyatakan bilangan dengan menggunakan kerikil, ranting atau jemari dirasakan tidak praktis, maka orang mulai berpikir untuk menggantikan bilangan itu dengan simbol dan masing suku ataupun bangsa memiliki cara tersendiri untuk mengambarkan bilangan dalam bentuk simbol-simbol yang unik.