Interpolasi Polinomial Newton | Metode Numerik

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai Interpolasi Polinomial Newton | Metode Numerik. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.
Interpolasi Polinomial Newton ini merupakan kelanjutan dari Interpolasi Polinomial Linier dan Interpolasi Polinomial Kuadratik, sebelum ketahap Interpolasi Newton, kita harus terlebih dulu mengerti ataupun memahami Interpolasi Linier dan Interpolasi Kuadratik. Sebelum memasuki Interpolasi Newton saya akan menjelaskan sedikit mengenai Interpolasi itu sendiri.


Interpolasi adalah suatu cara untuk mencari nilai di antara beberapa titik data yang telah diketahui. Dalam kehidupan sehari- hari ,interpolasi dapat digunakan untuk memperkirakan suatu fungsi dimana fungsi tersebut tidak terdefinisi dengan suatu formula, tetapi didefinisikan hanya dengan data- data atau table yang tersedia.

Ada berbagai macam interpolasi berdasarkan fungsinya, di antaranya adalah interpolasi linier, interpolasi kuadrat, interpolasi newton dan interpolasi lagrange. Dengan berbagai macam metode antara lain metode Newton dan metode Lagrange , namun disini kita akan membahas dengan metode Newton.

Telah kita ketahui Interpolasi Linier memiliki 2 buah titik, Interpolasi Kuadratik memiliki 3 buah titik dan pada Interpolasi Newton memiliki 3 bahkan lebih titik yang terhubung. Dan masing-masing memiliki peranan sendiri-sendiri. Ketika saudara mendapatkan 2 buah titik maka yang di gunakan adalah Interpolasi Linier dan begitu seterusnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai Interpolasi Newton ini, saya akan memberikan file yang berisi mengenai Interpolasi Newton di atas. Kenapa saya membagikan file? Kenapa tidak di tampilkan di postingan saja? Saya memiliki alasan tersendiri, yaitu karena ribetnya pembuatan equation. Cape kan bila di ketik ulang. hehe.

Interpolasi Newton | Download

Terima Kasih Kepada:
Teman-teman mahasiswa Universitas Borneo Tarakan Jurusan Matematika 2010 yang telah meresume materi ini. hehe. Dan perlu saudara ketahui ini merupakan resuman kelompok saya :D