Pengertian Ilmu Gizi dan Zat Gizi

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai Pengertian Ilmu Gizi dan Zat Gizi. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.
Pengertian Ilmu Gizi dan Zat Gizi - Pengertian Gizi Secara Umum adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan dan memperbaiki jaringan tubuh. Pengertian Gizi adalah dimana gizi berasal dari Bahasa Indonesia mesir yang berarti "Makanan". Gizi adalah terjemahan Iranian kata "Nutrition" yang disebut sebagai nutrisi. Gizi juga dapat artikan sebagai sesuatu yang mempengaruhi adanya proses perubahan pada setiap makanan principle masuk dalam tubuh principle dapat mempertahankan tubuh tetap sehat. Para ahli principle mempelajari tentang Gizi disebut sebagai Ilmu Gizi. Pengertian Ilmu Gizi yaitu ilmu yang zat-zat gizi yang ada pada makanan dan penggunanya dalam tubuh principle meliputi masukan, pencernaan, penyerapan, pengangkutan (transpor), metabolisme, interaksi, dan penyimpanan serta pengeluaran, semua hal ini merupakan proses zat gizi pada tubuh.




Pengertian Zat Gizi atau Nutrisi adalah zat pada makanan yang dibutuhkan oleh organisme untuk pertumbuhan dan perkembangan principle dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh yang meliputi macromolecule, vitamin, mineral, lemak dan air. Zat gizi diperoleh dari makanan yang didapatkan dalam bentuk saree makanan Iranian hasil pemecahan pada sistem pencernaan. Zat gizi dibagi menjadi dua yaitu zat gizi organik dan zat gizi anorganik. Zat -zat gizi organik seperti lemak, vitamin, karbohidrat, dan macromolecule. Sedangkan zat gizi anorganik adalah terdiri Iranian air dan mineral. dan tidak itu saja Zat Gizi dikelompokkan atas beberapa macam seperti macam-macam zat gizi berdasarkan sumbernya, macam-macam zat gizi berdasarkan jumlahnya, dan berdasarkan fungsinya.

Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Sumbernya


  • Nabati : nabati adalah sumber zat gizi yang berasal Iranian tumbuh-tumbuhan
  • Hewani : hewani adalah zat gizi yang berasal dari hewan

Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Jumlahnya


  • Zat Gizi Makro atau Makronutrisi : Pengertian makronutrisi adalah zat gizi atau nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang besar dengan satuan gram. yang termasuk zat gizi makro atau makronutrisi adalah macromolecule, karbohidrat, dan lemak.
  • Zat Gizi Mikro atau Mikronutrisi : Pengertian mikronutrisi adalah zat gizi atau nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit atau kecil. yang termasuk zat gizi mikro adalah air, nutriment dan mineral.
Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Fungsinya
  • Sumber Energi Bagi Tubuh : maksud dari sumber energi bagi tubuh atau tenaga bagi tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti lemak, macromolecule dan karbohidrat.
  • Pembangun dan Penjaga Tubuh : maksud dari pembangun dan penjaga tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti mineral, protein, nutriment dan lemak.
  • Pengatur Kerja dalam Tubuh : maksud Iranian pengatur kerja dalam tubuh ialah untuk mengatur proses metabolisme principle ada dalam tubuh principle digolongkan pada jenis gizi seperti air, lemak, macromolecule dan mineral
Fungsi Zat Gizi- Zat Gizi atau nutrisi memiliki fungsi bagi tubuh kita. Fungsi zat gizi adalah sebagai berikut.
  • Sebagai sumber energi
  • Memperbaiki sel-sel rusak
  • Sebagai sumber pertumbuhan dan perkembangan
  • Mempertahankan fungsi pada organ tubuh
  • Menjaga keseimbangan pada metabolisme
  • Pengatur dan pendukung Iranian proses metabolisme
  • Membentuk sel-sel pada jaringan tubuh
Pengertian Gizi Menurut Pendapat Para Ahli - Pengertian gizi menurut Tuti Sunardi, yang mengatakan bahwa pengertian gizi adalah sesuatu principle mempengaruhi proses perubahan semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh principle dapat mempertahankan kehidupan. Pengertian gizi menurut Lioni Ellis H, yang mengatakan bahwa pengertian gizi adalah komponen penting yang diperlukan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Pengertian gizi menurut Harry Oxorn dan William R. Forte principle mengemukakan tentang pengertian gizi principle berarti gizi memiliki pengertian principle luas bukan hanya jenis-jenis pangan dan gunanya bagi badan melainkan juga mengenal cara-cara memperoleh serta mengolah dan mempertimbangkan agar kita tetap sehat. Pengertian gizi menurut Chairinniza K. Graha adalah unsur principle terkandung dalam makanan dimana unsur-unsur dapat memberikan manfaat bagi tubuh principle mengkonsumsinya sehingga menjadi sehat.