Pengertian Citra atau Image Menurut Para Ahli

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai Pengertian Citra atau Image Menurut Para Ahli. Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.
Pengertian Citra atau Image Menurut Para Ahli
Pengertian Citra atau Image Menurut Para Ahli
Arti Citra atau Image Menurut  G.  Sach  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto (2007:171)  citra  adalah  pengetahuan  mengenai  kita  dan  sikap-sikap terhadap  kita  yang  mempunyai  kelompok-kelompok  yang  berbeda.

Pengertian  citra  ini  kemudian  disitir  oleh  Effendi  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto  (2007:171)  bahwa  citra  adalah  dunia  sekeliling  kita yang memandang kita.

Menurut  Bill  Canton  dalam Sukatendel  (1990:111)   adalah  kesan, perasaan,  gambaran  dari  public  terhadap  perusahaan.  Kesan yang  dengan  sengaja diciptakan dari suatu obyek, orang atau organisasi. (Soemirat dan Elvinaro  Ardianto,  2007:  111-112).

Bertolak  dari  pengertian  tersebut, Sukatendel  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto  (2007:112),  berpendapat bahwa citra  itu dengan sengaja perlu diciptakan agar bernilai positif.

Sedangkan  menurut  Katz  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto (2007: 113),  citra  adalah  cara  bagaimana  pihak  lain  memandang  sebuah perusahaan, seseorang, suatu komite, atau suatu aktivitas. 

Menurut  Frank  Jefkins  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto (2007:114),  citra  diartikan  sebagai  kesan seseorang  atau  individu  tentang sesuatu  yang  muncul  sebagai  hasil  dari  pengetahuan  dan  pengalamannya.

Jalaludin  Rakhmad  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto  (2007:114), medefinisikan  citra  sebagai  gambaran  tentang  realitas  dan  tidak  harus sesuai dengan realitas, citra adalah dunia menurut persepsi.

Berdasarkan  pengertian  para  ahli  di  atas,  citra  dapat  diartikan sebagai gambaran  yang didapat oleh  lingkungan di sekitar atau pihak  lain sebagai hasil dari pengalaman dan pengetahunnya tentang suatu obyek. 

Jenis-Jenis Citra

Frank Jefkins  dalam  Soemirat  dan  Elvinaro  Ardianto  (2007:117), membagi citra dalam beberapa  jenis, antara lain:

The mirror image (cerminan citra), yaitu bagaimana dugaan (citra) manjemen terhadap public eksternal dalam melihat perusahaannya. 

The  current  image (citra  masih  hangat),  yaitu  citra  yang  terdapat pada  publik  eksternal,  yang  berdasarkan  pengalaman  atau menyangkut  miskinnya  informasi  dan  pemahanman  publik. eksternal. Citra ini bisa saja bertentangan dengan mirror image.   

The  wish  image  (citra  yang  diinginkan),  yaitu  manajemen menginginkan  pencapaian  prestasi  tertentu.  Citra  ini  diaplikasikan untuk  sesuatu  yang  baru  sebelum  public  eksternal  memperoleh informasi secara lengkap.  

The  multiple  image (citra  yang  berlapis),  yaitu  sejumlah individu, kantor  cabang  atau  perwakilan  perusahaan  lainnya  dapat membentuk  citra  tertentu  yang  belum  tentu  sesuai  dengan keseragaman citra seluruh organisasi atau perusahaan.