4 Syarat dan Kriteria Kelulusan UN 2015 untuk SMP / SMA / Paket B & C serta Program Kesetaraan

Selamat Datang di Blog Edukasionesia. Berikut ini akan postingan kami yang mengenai 4 Syarat dan Kriteria Kelulusan UN 2015 untuk SMP / SMA / Paket B & C serta Program Kesetaraan . Semoga Bermanfaat, Ayo silakan dibaca dengan saksama.


Infokubagus.com – Syarat kelulusan UN 2015 ini masih Berdasarkan Peratuaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 144 tahun 2014 tentang Kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dan penyelenggaraan ujian sekolah/madrasah/pendidikan kesetaraan dan ujian sekolah.

Permendikbud no 144 tahun 2014 dan Permendikbud no 5 tahun 2015 tentang Kriteria kelulusan peserta didik.

Kemudian Permendikub no 144 tahun 2014 tentang kriteria kelulusan peserta didik tersebut direvisi dan diperbaiki sesuai Permendikbud no 5 tahun 2015 tentang Kriteria kalulusan peserta dirik, penyelenggaraan ujian nasionan dan penyelenggaraan ujian sekolah.
4 Syarat dan Kriteria Kelulusan UN 2015 untuk SMP / SMA / Paket B & C serta Program Kesetaraan
Kriteria Kelulusan UN 2015

Kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan tingkat SMP, SMA, Paket B dan C


1.      Telah menyelesaikan seluruh rangkaian program pembelajaran dari satuan pendidikan


a.       Untuk SMP/MTs dan SMP LB apabila telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX
b.      Untuk tingkat SMA/MA, SMA LB, SMK/MAK apabila telah menyelesaikan seluruh program pembelajran mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII
c.       Program paket B/Wustha dan paket C apabila telah menyelesaikan seluruh program pada derajat kompetensi masing – masing jenjang

2.      Mendapatkan nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk keseluruhan mata pelajaran


Kriteria nilai akhir minimal baik ini untuk seluruh mata pelajaran yang menjadi salah satu syarat kelulusan adalah ditetapkan oleh masing – masing satuan pendidikan (sekolah).

3.      Lulus Ujian Sekolah / Ujian Madrasah / Ujian Program Kesetaraan (US / UM / UPK)


Adapun kriteria kelulusan peserta didik dari Ujian Sekolah / Ujian Madrasah / Ujian Program Kesetaraan (US/UM/UPK) untuk semua mata pelajaran diperoleh melalui penggabungan dari:
-          Rata – rata nilai raport dengan bobot 70% pada;
·         Semester I sampai dengan semester V untuk jenjang SMP/MTs, SMP LB dan Paket B atau Wustha
·         Semester III sampai dengan semester V untuk jenjang SMA/MA, SMA LB, SMK/MAK dan paket C
-          Nilai Ujian Sekolah / Ujian Madrasah / Ujian Program Kesetaraan (US / US / UPK) dengan bobot 30%


4.      Lulus Ujian Nasional


a.       Kriteria kelulusan peserta didik pada Ujian Nasional (UN) pada jenjang SMP/MTs/SMPLB dan SMA/MA/SMALB/SMK/MAK serta program paket B/Wustha dan program paket C adalah sebagai berikut:
-          Nilia akhir (NA) pada setiap mata pelajaran yang di-UN-kan (diujinasionalkan) paling rendah adalah 4,0 (empat koma nol)
-          Rata – rata Nilai Akhir (NA) untuk semua mata pelajaran yang di-UN-kan (diujinasionalkan) tidak kurang dari 5,5 (lima koma lima)
b.      Perolehan Nilai Akhir (NA) merupakan penggabungan dari Ujian Sekolah / Ujian Madrasah / Ujian Paket Kesetaraan (US/UM/UPK) dan Ujian Nasional (UN), Dengan bobot 50% pada nilai US/UM/UPK dan 50% pada nilai UN.


Demikian 4 syarat dan kriteria kelulusan UN 2015 pada jenjang SMP dan SMA serta yang sederajat.

Silahkan Baca Artikel Menarik Lainnya di bawah ini!